#kabardesa #desauntuknegara

2023 Bagaimana nasi...
 
Notifications
Clear all

2023 Bagaimana nasibmu

6 Posts
2 Users
0 Likes
84 Views
KadesASli
Posts: 1
Topic starter
(@kadesasli)
New Member
Joined: 11 months ago

DESAKU, AKAN KAU APAKAN??

 

Pemilihan kepala desa adalah salah satu proses demokrasi di tingkat desa yang sangat penting. Seorang kepala desa harus mampu memimpin masyarakatnya dengan baik dan memenuhi kebutuhan mereka. Namun, dalam beberapa kasus, pemilihan kepala desa dapat menjadi ajang untuk mengumpulkan dukungan politik.

Dalam skenario di mana kegiatan tahun 2023 sudah banyak direalisasikan di tahun 2022 dan dipergunakan untuk mendapatkan dukungan kembali dalam pencalonan kepala desa, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, kandidat kepala desa harus memiliki etika dan tanggung jawab yang tinggi dalam kampanye politik mereka. Mereka harus menghindari melakukan kecurangan atau manipulasi untuk memperoleh dukungan politik.

Kedua, sebagai calon kepala desa, mereka harus memiliki komitmen yang kuat untuk memajukan desa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Mereka harus memiliki visi yang jelas dan rencana tindakan yang konkrit untuk mencapai tujuan tersebut. Selain itu, mereka harus mampu mengkomunikasikan rencana tersebut secara efektif kepada masyarakat.

Ketiga, kandidat kepala desa harus mampu membangun hubungan yang baik dengan masyarakat dan memperhatikan kepentingan mereka. Mereka harus mendengarkan aspirasi dan masukan dari masyarakat, dan memastikan bahwa kebijakan dan program yang mereka usulkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.

Terakhir, sebagai calon kepala desa, mereka harus siap menerima keputusan masyarakat dalam pemilihan kepala desa. Mereka harus siap kalah jika tidak dipilih oleh masyarakat, dan harus tetap menjunjung tinggi etika dan tanggung jawab mereka sebagai calon kepala desa.

Dalam kesimpulannya, kegiatan tahun 2023 yang sudah banyak direalisasikan di tahun 2022 harus dimanfaatkan dengan etika dan tanggung jawab oleh calon kepala desa. Mereka harus fokus pada program dan rencana yang dapat memajukan desa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan tidak mempergunakan kegiatan tersebut hanya untuk mendapatkan dukungan politik. Sebagai calon kepala desa, mereka harus selalu memperhatikan kepentingan masyarakat dan menghormati keputusan mereka dalam pemilihan kepala desa.

Sepertihanya Dana Desa

Dana Desa merupakan salah satu sumber pendanaan yang sangat penting dalam pembangunan di tingkat desa. Dana ini digunakan untuk membiayai berbagai proyek pembangunan dan program pemberdayaan masyarakat. Namun, penggunaan dana desa untuk kepentingan pencalonan kepala desa incumben dapat merugikan masyarakat dan berpengaruh dalam perjalanan demokrasi di desa.

Penggunaan dana desa untuk kepentingan pencalonan kepala desa incumben dapat merugikan masyarakat karena dana desa seharusnya dipergunakan untuk membiayai program dan proyek yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat secara umum. Penggunaan dana desa untuk kepentingan pencalonan kepala desa incumben dapat membuat masyarakat menjadi terpinggirkan dan program pembangunan tidak menjadi prioritas.

Selain itu, penggunaan dana desa untuk kepentingan pencalonan kepala desa incumben juga dapat berpengaruh pada perjalanan demokrasi di desa. Jika dana desa digunakan untuk membiayai kegiatan kampanye atau kepentingan pribadi untuk memenangkan pencalonan, maka hal ini dapat mengganggu proses demokrasi yang seharusnya bebas dan adil. Hal ini juga dapat membuat masyarakat menjadi kurang percaya terhadap proses pemilihan kepala desa dan mengancam keberlangsungan demokrasi di desa.

Oleh karena itu, sebagai masyarakat dan pemimpin desa, kita harus memastikan bahwa penggunaan dana desa tidak digunakan untuk kepentingan pencalonan kepala desa incumben. Dana desa harus dipergunakan untuk membiayai program dan proyek yang benar-benar dapat memberikan manfaat bagi masyarakat secara umum. Selain itu, proses penggunaan dana desa harus dilakukan secara transparan dan akuntabel, dengan melibatkan partisipasi masyarakat dalam setiap tahapan pembangunan.

Dalam kesimpulannya, penggunaan dana desa untuk kepentingan pencalonan kepala desa incumben dapat merugikan masyarakat dan mengancam perjalanan demokrasi di desa. Kita harus memastikan bahwa dana desa dipergunakan dengan tepat sasaran dan sesuai dengan peruntukannya, sehingga pembangunan di desa dapat berjalan dengan baik dan masyarakat dapat memperoleh manfaat dari program dan proyek yang dilakukan. Hal ini sangat penting untuk menjaga keberlangsungan demokrasi dan memastikan kesejahteraan masyarakat di desa.

 

Topic Tags
5 Replies
Putthree
Posts: 12
(@putthree)
Trusted Member
Joined: 12 months ago

Ayoo serajuk utk menyepakati  transparansi tatakelola dana desa, jgn mau kompromi.

 

Reply
Putthree
Posts: 12
(@putthree)
Trusted Member
Joined: 12 months ago

Lembar 2

Reply
Putthree
Posts: 12
(@putthree)
Trusted Member
Joined: 12 months ago

Lembar 3

Reply
Putthree
Posts: 12
(@putthree)
Trusted Member
Joined: 12 months ago

Lembar 4

Reply
Page 1 / 2
Share:

Copyright © 2023 kades.co.id. All Rights Reserved.